Kamis, 16 Agustus 2012

FKIJ Siap Jembatani Indonesia Belajar dari Jerman




PT Pelindo I (Persero)


FKIJ Siap Jembatani Indonesia Belajar dari Jerman
18 Juli 2011 Medan.

MedanBisnis – 
Indonesia harus banyak belajar dari negara lain termasuk Jerman mengenai bidang transportasi khususnya maritim atau pelabuhan. Sebab negara tersebut memiliki kompetensi dan teknologi tinggi yang telah dikenal dunia. Untuk itu, Forum Komunikasi Indonesia Jerman (FKIJ) siap menjembataninya.

Hal ini dikatakan Direktur Umum dan Personalia PT Pelindo I Belawan, Pasoroan Herman Harianja didampingi Asisten Corporate Secretary hubungan antar Lembaga dan Internasional, M Eriansyah saat menerima kunjungan Ketua Umum FKIJ Dipl.-Inform Binaman Kasan bersama  Wakil Ketua Bidang Industri dan Teknologi, Dipl.-Ing Darius Tamizi, di ruang kerjanya akhir pekan lalu. “Sekitar 80% hingga 90% kapal pengangkutan dibuat di Jerman. Untuk itu kita harus belajar dari Jerman pada bidang transportasi,” ujarnya kepada Medan Bisnis.

Menurutnya, banyak ilmu yang harus dipelajari dari Jerman khususnya pada teknologi dan inovasi. Apalagi kota pelabuhan dan galangan kapal negara Jerman sangat dikenal dunia seperti Hamburg, Bremen dan Papenburg. “Berhubung tugas dan pendidikan maritim saya di Jerman, jadi cukup familiar dengan daerah-daerah yang ada di Jerman, terutama kota-kota pelabuhan yang ada di Jerman,” akunya.

Saat ini, ungkapnya, sudah ada beberapa sarana dan prasarana yang tersedia dan dikelola Pelindo berupa dermaga, alat bongkar muat dan gudang penampungan barang muatan ataupun container.

Jadi, dengan adanya FKIJ, dikatakan Herman, sangat penting dalam menjalin hubungan baik antara daerah Sumut dengan Jerman serta ikut berpartisipasi dalam membangun bangsa Indonesia. FKIJ dapat melakukan kegiatan yang dapat memberi kontribusi dan mendorong meningkatkan ekspor dari daerah Sumut ke Eropa melalui Jerman sebagai pintu masuknya.

Demikian juga FKIJ dapat memberi kontribusi dalam aspek sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, dan dalam bidang budaya yang dapat membentuk karakter bangsa serta mendukung agar demokrasi daerah ini dapat berjalan dengan baik. “Ada beberapa faktor sebagai parameter yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam berbagai hal, termasuk di dunia usaha yakni informasi, akses dan network,” jelasnya.

Herman juga mengharapkan, dalam struktur organisasi FKIJ harus memiliki orang-orang yang berdedikasi tinggi, mau berkontribusi untuk forum ini dan juga didukung oleh seluruh stakeholder-nya, sehingga dalam menjalankan visi dan misi FKIJ dapat terwujud secara maksimal.

Ketua Umum FKIJ, Binaman Kasan, menyatakan, visi dan misi FKIJ adalah mewujudkan kerja sama yang baik, komunikasi efektif serta melakukan aktivitas bilateral yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumut dengan pihak Jerman. “Kita juga aktif berperan sebagai mediator profesional dan kompeten dalam menjembatani kerja sama bagi pengembangan investasi dan perdagangan yang saling menguntungkan,” jelasnya.

FKIJ juga, lanjutnya, membuka diri bagi warga Sumut ataupun pengusaha yang berminat bergabung dengan FKIJ.

Pada kesempatan ini Binaman Kasan dan Darius Tamizi menyerahkan dokumen visi dan misi FKIJ, sebaliknya Direktur Umum Pelindo I Belawan P Herman Harianja memberikan cenderamata berupa souvenir kepada pengurus FKIJ. (yuni naibaho)
(Visited 36 times, 1 visits today)

 Director PT Pelindo I Belawan, Pasoroan Herman Harianja,  Asisten Corporate Secretary  Internasional Affair, M. Eriansyah Boy beserta FKIJ Binaman Kasan dan Darius Tamizi di Gedung PELINDO 1 MEDAN.

1 komentar: